News Update »

Selat Sunda Di Hantam Gelombang Tinggi

puskominfo.com, Lampung – Gelombang air laut di wilayah Kalianda dan Kecamatan Rajabasa, telah memporak porandakan rumah di area warga sekitar terutama di bagian bibir pantai, (23/12/2018).

Gelombang yang tinggi menurut warga sekitar gelombang ini mirip tsunami karna telah menghancurkan banyak nya rumah dan beberapa unit kendaraan roda dua maupun roda empat.

Selaku pihak Humas BMKG Sutopo Purwo Nugroho menyampaikan, bahwa tsunami yang terjadi telah menerjang beberapa wilayah pantai di Selat Sunda, diantaranya di pantai di Kabupaten Pandeglang, Serang, dan Lampung Selatan.

Terjadinya air pasang ini yang menurut masyarakat seperti tsunami bukan dipicu oleh gempabumi, karna tidak terdeteksi adanya aktivitas tektonik. Kemungkinan tsunami terjadi akibat longsor bawah laut karena pengaruh dari erupsi Gunung Anak Krakatau. Pada saat bersamaan terjadi gelombang pasang akibat pengaruh bulan purnama. Jadi ada kombinasi antara fenomena alam yaitu tsunami dan gelombang pasang.

Akibat gelombang air laut pasang tersebut, ratusan warga pun berlarian mencari lokasi yang sekiranya dianggap aman bahkan warga yang tinggal di sekitar bukit pun spontan naik ke atas bukit untuk menyelamatkan diri.

Berdasarkan pantauan di lokasi kejadian saat ini hampir sebagian warga yang tinggal di Kalianda dan Kecamatan Rajabasa meninggalkan rumah.

Hingga berita ini diturunkan belum ada keterangan resmi terkait berapa rumah dan kendaraan yang hancur diterjang air tersebut.

(Jajang/Red)

Like!
0
  • Like!
    0

Comments:

Leave A Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>