News Update »

Antisipasi Kerawanan Tps Di Cianjur, Bawaslu RI Dan Bawaslu Jabar Tinjau Langsung Lokasi PSL

puskominfo.com, Cianjur- Anggota Bawaslu RI, Rahmat Bagja didampingi Bawaslu Provinsi Jawa Barat, Lolly Suhenty melakukan patroli pengawasan Pemungutan Suara Lanjutan (PSL) di Kabupaten Cianjur (20/4).

Menurut Kordiv. Humas Hubal Bawaslu Provinsi Jawa Barat, Lolly Suhenty, adanya PSL di Kab. Cianjur dikarenakan adanya surat suara DPRD Kabupaten yang bercampur dan tertukar dengan dapil yang lain. TPS yang melakukan PSL yaitu TPS 1, TPS 9, TPS 10, TPS 11, dan TPS 12, Kel. Sukamanah, Kec. Mande, Kab Cianjur.

“Dari hasil pengawasan, ternyata pada saat penghitungan suara, surat suara untuk dapil III (Mande, Karang tengah, Sukaluyu, Bojong Picung, Haur Wangi, Ciranjang) tercampur dan tertukar dengan dapil I (Cianjur, Warung Kondang, Gekbrong, Cilaku, Cibeber). Atas kesepakatan PTPS dengan KPPS, pemungutan suara untuk DPRD Kabupaten dihentikan. Mereka mengambil surat suara dari TPS terdekat untuk mengganti surat suara yang salah, namun tetap tidak terpenuhi. Akhirnya, diajukan Pemungutan Suara Lanjutan (PSL)”.

Cianjur merupakan salah satu daerah yang memiliki tingkat kerawanan tinggi, terutama terkait kekurangan logistik. Dari 12 PSL di Jawa Barat, Cianjur menempati kedua terbanyak (5 TPS) setelah Kab. Bekasi (6 TPS).

Hal senada disampaikan anggota Bawaslu RI, masalah paling besar dalam pemilu kali ini adalah distribusi logistik. “Sampai saat ini, ada sekitar 1.534 yang berkaitan dengan masalah distribusi logistik. Tapi karena beberapa masukan laporan, masih akan terus (bertambah, red). Karena kan PSL ini karena formulir tidak lengkap, atau surat suara tidak terpenuhui,” tutur Rahmat Bagja.

Ketika dikonfirmasi terkait Pemungutan Suara Ulang (PSU), pihaknya mengatakan ada, tapi masih dikonfirmasi. PSU itu terjadi karena diduga ada pemilih yang memilih tidak di tempat yang seharusnya.

Namun, secara umum anggota Bawaslu RI menyampaikan bahwa pemilu kali ini dinilai sukses, dengan beberapa catatan

Like!
0
  • Like!
    0
umarudin - umarudin
umarudin has written 170 awesome articles.

Comments:

Leave A Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>